slider

.
Headlines News :
Home » , » Ngoro Jombang

Ngoro Jombang

Written By ikwan Rosandi on Kamis, 12 Desember 2013 | 13.07

Ngoro adalah suatu desa atau bisa juga disebut kecamatan yang berada di bagian selatan kota jombang .Kota ini merupakan ibukota kecamatan ngoro yang terdiri dari 13 desa,antara lain: Badang ; Banyuarang ; Gajah ; Genukwatu ; Jombok ; Kauman ; Kertorejo ; Kesamben ; Ngoro ; Pulorejo ; Rejoagung ; Sidowarek ; Sugihwaras.
lokasi kecamatan ngoro di bagian selatan jombang
lokasi kecamatan ngoro di bagian selatan jombang
Sebagai kota kecamatan tentunya ,kota Ngoro ini mempunyai tempat/gedung yang harus dimiliki,antara lain: Pasar induk,Pasar hewan,kantor kecamatan,Terminal bis,Kodim,Polsek ,Kantor pos,Pegadaian,berbagai macam bank dan koperasi serta gedung gedung lain yang harus di milikei oleh ibukota kecamatan.
Dahulu Ngoro juga merupakan pusat kawedanan, dan saat ini merupakan pusat Sub Satuan Pengembangan Wilayah (SSWP) Ngoro.Dan sekarang kota Ngoro mulai agak maju dari sisi kesejahteraan dan pendidikan serta sosial.Maka perekonomian di kota ini bisa dibilang mulai ada peningkatan karena berbagai macam pekerjaan yang menghasilkan uang  nggak terlalu sulit didapat.Mulai dari pedagang toko atau kaki lima,guru ,jasa servis,jasa angkutan,petani,peternak,buruh pabrik ,makelar,dll.Yang semua itu bisa dilakukan oleh masyarakatnya dan  tidak seperti di desa desa yang mempunyai pekerjaan yang itu itu saja.Hal itu disebabkan karena pengguna barang dan jasa yang kebanyakan dari desa desa di sekitarnya yang lebih memilih kota Ngoro sebagai tempat berinteraksi dan bertransaksi untuk segala keperluan hidup mereka.Juga untuk mengenyam pendidikan ,para pelajar di sekitar daerah ngoro juga banyak memilih menimba ilmu di kota ini,oleh karenanya disini banyak didirikan sekolah sekolah negeri dan swasta juga Kejuruan untuk memenuhi kebutuhan para pelajar yang beraneka ragam keinginan.
Perekonomian
Pasar induk Ngoro ,jam 2 pagi sudah buka karena para pedagang pasar umumnya menjual dagangan mereka kepada pengecer alias bakul untukdijual lagi ke kampung kampung di daerah kecamatan ngoro dan bahkan merambah ke kecamatan lain .Umumnya para bakul tersebut jam 5 sudah selesai belanja dan siap ke kampung kampung untuk menjajakan dagangan mereka.
Sedangkan untuk barang non pangan rentan busuk dan rusak  .Para pedagang membuka lapak mereka mulai jam 6 sampai jam 12 siang.Diantaranya  para penjual assessoris ,pakaian,perlengkapan dapur,aneka makanan ringan dan kebutuhan lain dalam kehidupan sehari hari masyarakat kota Ngoro.
Dalam bidang pakaian dan fashion ,Kota ngoro ini terkenal dengan toko pakaiannya yang berjajar di Jl Kawi dari timur sampai barat sepangjang setengah kilometer.Aneka jenis pakaian di pajang disini,Mulai dari baju bayi ,baju anak, pakaian remaja,distro,aneka jas dan jaket,batik ,busana muslim,baju dan perlengkapan olahraga serta bermacam macam tas dan sepatu di jajakan di daerah ini.
Pertanian
Untuk daerah berkembang seperti Ngoro,Mungkin area persawahan tergerus oleh pembukaan lahan untuk perumahan yang semakin padat. Padahal sawah di desa ini subur dan bisa ditanami secara terus menerus sepanjang tahun karena pasokan air dari sungai yang berhulu dari gunung arjuno gak pernah surut.Oleh karenanya tanaman andalan petani di daerah ini adalah padi,tapi adakalanya juga mereka menanam jagung,kacang,lombok merah,kol,bungkul,bawang merah dan sayur mayur serta buah buahan lain menurut kata hati dan perhitungan mereka.

Pendidikan
SMA Ngoro
SMA Ngoro
Kalau anda tinggal disini dan bila anak anda ingin sekolah dari Tk sampai SLTA .Anda tak terlalu pusing pusing memberi uang saku tambahan untuk transportasi mereka ke sekolah . Karena disini kita bisa memilih macam macam sekolahan yang berada di desa ini menurut tingkatan sekolah mereka.
Mulai dari Tk ada 6,Sd ada 4,MI ada 2.Untuk tingkat pertama,ada 1 Smp Negeri ,1 MTS dan 3 SLTP swasta.Sedangkan untuk jenjang SLTA, ada 1 SMA Negeri,1 SMA Islam Ngoro dan ada 3 sekolah kejuruan.Serta SLB yang menampung murid mereka dari tingkat SD sampai SMA.
Transportasi
Di kota ini ,anda akan menemukan berbagai macam Transportasi.Baik yang ke desa atau pun ke kota.Diantaranya Becak,Bentor alias Becak Motor,Dokar atau kereta kuda,Ojek,Angkutan perdesaan,dan Bis antar kabupaten.Tapi dijaman masa kini yang serba modern,mungkin jasa transportasi tak terlalu ramai seperti jaman aku kecil dulu.Orang lebih memilih kendaraan pribadi yang rata rata mereka punyai.Hanya bila mau bepergian agak jauh aja sebagian dari penumpang lebih memilih untuk menggunakan jasa Transportasi.
Karena Ngoro merupakan persimpangan jalur dari Jombang menuju Malang dan Kediri.Maka kita bisa naik bis atau transportasi lain menujul ke tiga kota Tersebut.Sedangkan untuk jalur ke Surabaya, Saya sarankan untuk naik Angkutan Kota saja menuju kota Mojoagung.Daripada harus putar dulu ke Jombang yang lebih memakan waktu dan biaya.Dan bagi yang memiliki kendaraan pribadi baik mobil atau motor.Kota Ngoro merupakan jalur Alternatif dari kota Surabaya  ke Kediri atau Blitar atau arah sebaliknya.Karena jalur ini untuk mempermudah dan mempersingkat waktu dan perjalanan.
Kesan Penulis
Semenjak lahir di desa ini sampai sekarang mungkin banyak sekali cerita suka maupun duka yang saya alami disini ,yang mungkin terlalu banyak yang ingin saya bagikan kepada anda.
Demikian deskripsi tentang Desa saya ,yang saya lahir disini ,tinggal disini,besar disini dan munkin kelak Mati disini juga.

Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ikwansandi_Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger